Essay: Manfaat buah apel. Buah apel (Malus domestica) merupakan ... - Essay Marketplace

Essay: Manfaat buah apel. Buah apel (Malus domestica) merupakan …

Manfaat buah apel. Buah apel (Malus domestica) merupakan jenis buah-buahan, atau buah yang tumbuh dari pohon apel. Buah apel biasanya memilki kulit yang merah apabila sudah masak dan siap dimakan. Kulitnya juga dapat berwarna hijau atau pun kuning apabila sudah masak dan siap dimakan, namun kulit buahnya masih agak lembek serta daging buahnya keras. Daging buah yang ketika digigit dapat mengeluarkan air.

Buah apel sudah banyak tersedia di toko-toko buah pinggir jalan, pasar, dan sebagainya. Buah apel memiliki beberapa biji yang terdapat di dalamnya. Kebanyakan buah apel lebih bagus untuk dimakan secara mentah-mentah (tak dimasak), dan digunakan sebagai banyak jenis makanan pesta. Apel yang dimasak hingga lembek dapat dibuat saus apel. Buah apel dapat dibuat untuk dijadikan minuman sari buah apel.

Berdasarkan fakta yang telah teruji, mengkonsumsi buah-buahan dapat mencukupi kebutuhan nutrisi, vitamin, dan serat yang dibutuhkan oleh tubuh. Pada masyarakat modern, alangkah baiknya untuk selalu menyelingi berbagai jenis macam buah dalam menu kesehariannya seperti buah apel. Buah apel sendiri memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Berikut manfaat buah apel.

Kandungan Buah Apel

Buah apel memiliki kandungan berbagai vitamin serta mineral, sehingga dapat membuat sistem tubuh menjadi sehat dan terlindungi dengan baik. Buah apel memiliki kandungan flavonoid, polifenol, dan vitamin C sebagai anti-oksidan yang dapat melindungi tubuh dari bakteri serta virus yang dapat mengancam kesehatan. Kandungan beta-karoten atau vitamin A yang terkandung dalam buah apel dapat melawan sel kanker dan menurunkan kadar kolesterol.

Manfaat Buah Apel

Mengurangi Risiko Terserang Kanker
Manfaat buah apel dapat mencegah serangan kanker. Buah apel memiliki kandungan flavonoid yang dapat bermanfaat menangkal berbagai jenis serangan kanker yang tak terduga dapat menyerang tubuh. Kulit apel juga mengandung senyawa triterpenoid yang dapat melengkapi kinerja dari flavonoid yang dapat mencegah pertumbuhan tiap sel kanker. Alangkah baiknya ketika hendak mengkonsumsi apel untuk tidak membuang kulitnya.
Mencegah Alzheimer
Dengan mengkonsumsi secangkir jus apel dapat memperbaiki sel-sel saraf yang terdapat pada otak yang mengalami kerusakan. Hal ini karena peran dari flavonoid sebagai antioksidan kuat. Apabila dikonsumsi secara rutin, buah apel dapat membuat terhindar dari penyakit Alzheimer.
Menurunkan Kolesterol
Buah apel memilki kandungan yang akan kaya serat larut yang dapat bersaing dengan lemak dalam usus. Kedua nutrisi tersebut yang bersaing dapat mengakibatkan penurunan penyerapan kadar kolesterol jahat serta dapat melebihkan produksi kolesterol baik. Hal ini manfaat buah apel dapat menurunkan kadar kolesterol jahat serta memperbanyak jumlah kolesterol baik.
Menjaga Kesehatan Gigi
Apabila mengkonsumsi buah apel secara rutin, dapat merangsang produksi air liur pada mulut. Hal ini dapat mencegah terjadinya pengeroposan pada gigi serta dapat membuat gigi Anda terjaga dengan sehat.
Menangkal Radikal Bebas
Kulit buah apel dapat memproduksi zat yang bernama quercetin. Zat quercetin tersebut merupakan zat yang dapat menangkal serangan radikal bebas dan melawan penuaan dini.
Jantung Lebih Sehat
Hal ini dikarenakan buah apel memiliki kandungan senyawa fenolik pada kulit apel. Alangkah baiknya buah apel untuk dicuci terlebih dahulu dengan air bersih dan makan buah apel beserta dengan kulitnya.
Meningkankan Sistem Kekebalan Tubuh
Buah apel memiliki kandungan antioksidan yaitu flavonoid dan quercetin, terlebih pada buah apel yang memiliki kulit merah. Quercetin dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh untuk membangun sebuah perisai alami dari berbagai serangan virus penyebab penyakit. Buah apel juga memiliki kandungan vitamin C serta serat yang bersifat anti-inflamasi sehingga peranan zat quercetin tersebut dapat sedikit ringan oleh kedua nutrisi tersebut. Banyak ahli yang menganggap buah apel sebagai salah satu buah pemacu imunitas tinggi.
Mencegah Batu Empedu
Penyakit batu empedu dapat terbentuk karena dalam empedu terlalu banyak menyimpan kolesterol sehingga dapat menyebabkan pengerasan, hal tersebut sangat identik terhadap orang yang kelebihan berat badan. Untuk menghambat terjadinya batu empedu, alangkah baiknya bagi mereka yang gemuk untuk melakukan diet tinggi serat hal ini untuk membuat kadar kolesterol jahat dalam tubuh dapat terkontrol dengan baik.
Mencegah Dehidrasi
Manfaat buah apel dapat mencegah dehidrasi atau kekurangan cairan tubuh. Hal ini karena 85% kandungan buah apel mengandung air. Dengan mengkonsumsi buah apel tersebut, Anda dapat terhindar dari dehidrasi.
Mengeluarkan Racun
Makanan dan minuman yang dikonsumsi setiap hari dapat menyisakan racun pada hati yang mana apabila dibiarkan saja menumpuk dapat merusak fungsi hati dan bahkan dapat merembet mempengaruhi organ tubuh yang lainnya. Dengan mengkonsumsi berbagai macam buah-buahan yang memiliki kandungan tinggi vitamin, mineral, dan serat seperti buah apel untuk membantu mengeluarkan racun dari dalam hati. Apabila racun tersebut sudah hilang, maka Anda tidak perlu khawatir lagi akan penyakit yang dapat saja menyerang Anda sewaktu-waktu akibat rusaknya hati.
Menghilangkan Kantung Mata
Mata yang digunakan terlalu lama tanpa diberi waktu istirahat yang cukup dapat membuatnya timbulnya kantung mata serta lingkaran hitam pada area mata. Apabila sedang terpaksa begadang, alangkah baiknya sebelum tidur untuk melakukan perawatan dengan masker mata yang alami. Iris buah apel, kemudian letakkan irisan buah apel tersebut diatas kedua mata, pastikan juga agar kelopak dapat tertutupi. Atau, Anda juga dapat menggunakan cara yang lainnya dengan mencampurkan 2 sendok makan sari buah apel dengan kentang yang sudah parut untuk menutupi mata dan beri alas kain hangat. Biarkan mata beristirahat selama sekitar 10 sampai 20 menit, kemudian bilas dengan air hangat.
Menurunkan Berat Badan
Buah apel memiliki kandungan yang banyak mengandung serat serta rendahnya kalori yang dapat dijadikan makanan untuk menunda rasa lapar. Sehingga lemak dalam tubuh terbakar dan dapat menurunkan berat badan.
Mencegah Diabetes
Buah apel memiliki kandungan serat larut yang mampu untuk menangkal penyakit diabetes. Alangkah baiknya untuk mengkonsumsi secara rutin buah agar kesehatan tubuh dapat lebih terjaga.
Mencegah Wasir
Wasir disebabkan oleh pembuluh darah membengkak akibat tekanan yang berlebih yang membebani panggul dan dubur. Meskipun penyakit wasir bukanlah salah satu penyakit yang mematikan, namun rasa sakitnya yang dapat mengganggu aktivitas Anda. Untuk mencegah wasir, rutinlah untuk mengkonsumsi buah apel, hal ini karena buah apel memiliki kandungan serat yang tinggi.
Mengobati Asma
Untuk mengurangi gejala dari penyakit asma dan mengobati asma secara perlahan, Anda dapat memanfaatkan buah apel tersebut. Hal ini karena buah apel memiliki kandungan fitokimia dan polifenol yang dapat membantu dalam memulihkan asma. Para peneliti mengatakan bahwa anak-anak yang sudah terbiasa mengkonsumsi jus apel secara rutin menunjukkan terjadinya penurunan risiko terhadap penyakit asma serta masalah pernapasan lainnya.
Melindungi Kulit dari Sinar Matahari
Akibat dari terlalu sering kulit terpapar teriknya sinar matahari dapat membuat kulit menjadi terbakar, kering, kusam, dan bahkan dapat mengalami pengelupasan. Alangkah baiknya bagi Anda yang bekerja di bawah teriknya sinar matahari, olesi tubuh Anda dengan pasta apel yang dicampurkan dengan 1 sendok teh gliserin dan pulp, kemudian biarkan selama 15 menit. Dengan mengolesi tubuh Anda dengan campuran tersebut, kulit Anda dapat terlindungi dari sinar ultraviolet.
Mencegah Rambut Rontok
Apel dapat bermanfaat untuk mencegah rambut rontok. Hal ini karena apel mengandung kandungan serat larut dan senyawa fenolik yang terdapat pada kulit apel. Apel juga mengandung antioksidan dan vitamin. Ketika apel dikonsumsi sehari-hari, apel dapat mencegah rambut rontok. Antioksidan yang terkandung dalam apel dapat membantu dalam meningkatkan sirkulasi ke kulit kepala, hal ini dapat mengontrol pertumbuhan rambut.
Memutihkan Gigi
Menggigit daging buah apel sama saja seperti menggosok menggunakan sikat dan pasta gigi. Buah apel juga dapat mencegah terjadinya kerusakan gigi dengan membantu meningkatkan sekresi air liur di dalam mulut. Buah apel bagaikan seperti sikat dan pasta gigi alami.
Mengobati Ketombe
Dengan mengkonsumsi jus apel dapat membantu untuk mengembalikan keseimbangan normal pada kulit kepala, sehingga dapat mencegah timbulnya berbagai masalah kulit kepala seperti ketombe. Yang perlu Anda lakukan adalah memberikan bilasan akhir jus apel ke rambut Anda setelah keramas. Hal ini dapat menghilangkan ketombe.
Memanjangkan dan Menyehatkan Rambut
Memiliki rambut yang panjang dan berkilau mungkin merupakan salah satu keinginan bagi kaum perempuan. Salah satu manfaat buah apel dapat memanjangkan dan menyehatkan rambut Anda. Hal ini karena buah apel memiliki kandungan senyawa yang disebut procynidin B-2 yang dapat merangsang pertumbuhan pada rambut. Manfaat tersebut juga dapat untuk mencegah rambut menipis dan kebotakan.
Mencegah Kanker Kulit
Buah apel juga dapat membantu memelihara kondisi kesehatan kulit, salah satunya dapat mencegah kanker kulit. Hal ini karena buah apel merupakan sumber vitamin A yang menurut para ahli dapat membantu untuk mengurangi risiko terhadap kanker kulit.
Mengangkat Kotoran yang Menempel di Kulit
Wajah dan kulit tidak dapat dipisahkan oleh debu. Anda merawat kulit Anda untuk tetap bersih dan sehat dengan cara membuat masker dari buah apel. Buatlah masker dari apel, kemudian masukkan ke dalam lemari es selama 1 jam atau lebih. Lalu, balurkan pada seluruh kulit tubuh.
Mencegah Katarak
Dalam sebuah studi, menunjukkan bahwa beberapa orang yang memiliki kebiasaan mengkonsumsi buah-buahan yang kaya akan kandungan antioksidan seperti buah apel dapat memperkecil risiko terserang penyakit mata seperti katarak sebanyak 10 hingga 15 persen.

Tips Untuk Memakan Atau Memasak Apel

Buah apel merupakan salah satu buah yang dapat langsung dimakan dan dapat dimakan meskipun bersama dengan kulitnya. Kulit apel memiliki kandungan nutrisi di dalamnya, jadi disarankan untuk memakan dengan kulitnya.

Sebelum mengkonsumsi buah apel, alangkah baiknya untuk terlebih dahulu menggosok kulitnya secara lembut dengan menggunakan sikat bulu alami selama 10 sampai 15 menit agar benar-benar bersih. Pengolahan apel seperti dijadikan jus dapat mengakibatkan hilangnya polifenol atau berbagai nutrisi yang terkandung didalamnya. Oleh karena itu, mengkonsumsi apel mentah adalah pilihan yang terbaik untuk mendapatkan semua nutrisi yang terkandung. Berikut beberapa tips untuk mengkonsumsi buah apel.

Apel dapat dimakan secara langsung. Mengkonsumsi buah apel secara langsung dapat memutihkan gigi Anda. Makan buah apel tersebut secara langsung tanpa dikupas terlebih dahulu. Atau Anda dapat juga mengiris-iris buah apel tersebut dan alangkah baiknya jangan kupas kulitnya.
Potong dadu apel dan tambahkan ke salad atau makanan yang banyak sayurannya. Buah apel yang dikombinasikan dengan sayur-sayuran dapat menyehatkan tubuh Anda.
Jus apel merupakan minuman yang menyegarkan dan cocok untuk dihidangkan di rumah.
Anda dapat membuat saus dari buah apel. Siapkan 6 apel apel hijau pilihan pengganti : (apel granny smith / apel fuji / apel malang). Potong-potong buah apel tersebut berbentuk dadu. Masukkan apel dalam panci bersama dengan air, gula, perasan air jeruk lemon, parutan kulit jeruk lemon, serta kayu manis dan tutup pancinya. Masak di atas api yang sedang selama 15 menit atau hingga apel empuk, tetapi tidak sampai kering, lalu angkat. Masukkan minyak zaitun / minyak goreng serta garam, kemudian aduk rata. Masak kembali sampai mengental dan angkat. Apabila terlalu kental, tambahkan air secukupnya saja.

Itulah 23 Manfaat buah apel bagi kesehatan tubuh. Secara keseluruhan apel memiliki berbagai macam kandungan yang dibutuhkan oleh tubuh. Konsumsi buah apel tersebut secara rutin.

Review this essay:

Name
Rating
Your review: (optional)

Latest reviews:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.